Senin, 07 Desember 2009

remaja

Umur berapakah kita bisa dikatakan remaja ? apakah 13 ? 12 ? atau 11 ? jawabannya , umur berapapun kita bisa dikatakan remaja
, asal perilaku dan tingkah laku kita telah mencerminkan sikap seorang remaja yang baik dan bertanggung jawab . Berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai dunia remaja yang menjadi topik utama ringkasan ini .
Remaja ? apa sebenarnya arti dari kata tersebut ? menurut KBBI ; Kamus Besar Bahasa Indonesia , remaja berarti ;mulai dewasa ; sudah sampai umur untuk kawin . Di masa inilah para anak-anak remaja banyak mengalami krisi identitas dan akhirnya mengarah pada kenakalan remaja .
Saat ini , banyak sekali anak remaja yang telah melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan aturan yang ada , seperti tawuran sesama pelajar , mengkonsumsi obat-obatan terlarang , dan bahkan melakukan free sex , yang terjadi akibat pergaulan bebas .
Kalau dilihat dari contoh-contoh perilaku anak remaja sekarang , sebenarnya semuanya belum mencerminkan perilaku anak remaja yang baik . Perilaku itu juga tidak sesuai dengan arti dari kata remaja , seperti yang tercantum dalam KBBI . Jadi , apa yang harus kita lakukan ?
1) Taat dan setia kepada-Nya , Tuhan yang selalu beserta kita dari kita lahir sampai kita mati . Tetap berpegang teguh pada-Nya , dan jangan sekali-kali mengkhianati Dia . Berdoalah pada-Nya bila mengalami kesusahan , dan pasti akan ada jawaban dari-Nya .
2) Berbaktilah kepada ayah dan ibumu . jadilah kebanggan mereka . Hargai perjuangan mereka yang sudah menyekolahkan kalian untuk sukses di masa depan . Jangan sekali-kali bermain dengan urusan sekolah , dan jangan menyepelekannya . Belajarlah yang giat , jadi remaja yang berprestasi . Buat orang tua kita bangga , dan kita juga pasti bisa disenangi teman-teman , juga cewe/cowo cakep . ya kan ? hahaha ..
3) Patuhilah peraturan yang ada . Bila ada peraturan yang melarang untuk mengkonsumsi minuman keras , maka patuhilah peraturan tersebut . Dan bila peraturan tersebut berubah , tetaplah berpegang pada peraturan itu . Jangan khawatir , pihak yang berlaku tidak akan membuat peraturan yang membuat perilaku rakyatnya menjadi berantakan .
4) Kembangkan bakat positifmu . Kalau kamu berbakat nyanyi , maka kembangkanlah . buktikan pada dunia kalau kamu memiliki suara emas ! Dan bawalah nama baik negara Indonesia ! Maka kamu akan mendapat penghargaan yang luar biasa , karena telah menjadi remaja yang berprestasi dan menjaga nama baik negara .
5) Hindari pikiran dan sikapmu dari hal-hal jahat . Semua itu tak ada gunanya , dan hanya akan membuat badan kita rusak .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar